Shuffle Dance adalah tarian yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar kaum remaja saat ini, karena memang sedang ‘ngetren’ di kalangan mereka. Bahkan, kini perkembangannya sudah merambah hingga daerah-daerah bahkan sampai di DKI Jakarta.

Awalnya Tarian ini lebih sering dijumpai saat Clubbing, hanya saja kepopuleran Dance ini menyebar dan sering ditarikan di ruang terbuka, seperti taman, mal, dan lapangan. Di identikan dengan seni tari jalanan. Peminatnya pun cukup banyak, mulai dari pelajar hingga mahasiswa.

Shuffle dance menjadi sebuah lifestyle baru. Para penggiat kegiatan ini tergabung dalam komunitas dan sering mengadakan pertemuan untuk berbagi inspirasi gerakan. Salah satu komunitas di Jakarta adalah Giving Dance (di SMP Negeri 15 Jakarta Selatan) dan  Foresporsel (SMA 10 Jakarta  Pusat), BASS (Bottle Academy Shuffle Squad) di Jalan Persatuan, Rt 006/09, Cilandak Barat.

Giving Dance,  kelompok ini beranggotakan sekitar 10-an orang terdiri dari pelajar. Sebagian besar adalah pelajar di SMP Negeri 15 Jakarta Selatan. Ariel, salah seorang anggota Giving Dance, mengaku belajar Shuffle Dance secara otodidak. Hampir setiap hari, kira-kira jam 12 siang hingga malam, ia dan kawan-kawannya berlatih. Hal serupa juga dialami Tiara, anggota lainnya. Ia mengaku bergabung dengan komunitas Shuffle, untuk mengasah kemampuannya menari.

Selain itu, bagi remaja putri berusia 15 tahun ini, Shuffle Dance menjadi ajang untuk gaul dan “ngumpul bareng” dengan rekan-rekan seusianya. Tiara, yang mengaku belajar secara otodidak  sambil  menjelaskan jenis-jenis gerakan tarian Shuffle, seperti  Liquid, Jumpstyle, Robotic, dan lain-lain.

Foresporsel resmi berdiri 28 Juli 2011. Awalnya, memiliki 20 anggota, namun yang benar-benar ‘niat’ mengikuti hanya sekitar tujuh orang. Menyusutnya anggota tidak membuat Fernanda patah arang, dia terus membangun komunitasnya. Lalu menetapkan kumpul setiap dua kali dalam seminggu.

Selama berdiri, komunitas ini telah mengikuti berbagai lomba. Antara lain di Steez yang berlangsung di EX Plaza. Di sana, Foresporsel berhasil masuk babak final dari puluhan peserta. Sayang, mereka belum bisa menggondol gelar juara. Penamaan Foresporsel sendiri melalui serangkaian pertimbangan. Fernanda mengatakan, ia mengambilnya dari bahasa Norwegia. “Artinya ‘permintaan’, karena waktu itu banyak yang meminta kita untuk ngadain shuffle,” jelas Fernanda.

BASS (Bottle Academy Shuffle Squad)  Nama BASS ini, bisa disebut unik, karena nama grup shuffle yang beralamat di Jalan Persatuan, Rt 006/09, Cilandak Barat, atau tepatnya di belakang Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan, ini, diambil dari nama tempat kost salah satu anggotanya, yaitu ‘Botol’. Serius ini, nama tempat kost itu memang ‘Botol’. Unik, ‘kan?

Namun selain karena keunikannya itu -pemberian nama ‘Botol’, yang di-Inggriskan menjadi ‘Bottle’- juga adalah untuk mengingatkan mereka pada saat pembentukan awalnya. Ditambah lagi, tempat kost tersebut juga merupakan basecamp BASS. Di tempat tersebut, Komunitas ini kerap berkumpul untuk mendiskusikan berbagai tarian dan perkembangan shuffle kedepannya.

BASS dibentuk oleh lima shufflers, yakni Firmansyah, Bayu, Adam, Yulian dan Theo, pada tanggal 17 Juni 2011. Mereka membentuk grup shuffle, karena melihat perkembangan tarian yang gerakannya menyeretkan kaki ke belakang, ke samping, dan ke depan, seperti tarian yang sering dilakukan oleh mendiang King of the Pop, Michael Jackson ini, sudah semakin marak.

“Kita bentuk grup shuffle karena ingin tambah teman, dan ingin membentuk satu grup yang independen,” ujar Ramses, yang menemani Firmansyah, saat wawancara. Selain itu, sambung Moses, BASS  juga mempunyai keunikan lainnya, yakni gerakan shuffle yang diolah berdasarkan inisiatif sendiri. Di antara gerakan shuffle yang pernah diciptakannya adalah goyang tonge, shoot to the sky, kaki penguin, dan broken arm (gerakan ‘patah tulang di bahu’). “Bahkan, saya bisa menari shuffle dengan gaya robotic, pooping, dubstep, dan robot rocker,” papar Moses, bangga.

Jadi, apa yang kalian tunggu? Jika anda berminat bisa langsung datang ke Komunitas Shuffle yang berada di daerah Jakarta Selatan dan Pusat.

[Ridwan Ardianto NRP 0910411085]