Setu Babakan, tempat wisata yang terletak di Selatan Kota Jakarta memang selalu ramai dikunjungi saat week day atau week and sekalipun. Tepatnya daerah Ciganjur, wisata yang satu ini wajib dikunjungi jika berkunjung ke Jakarta. Hanya membayar Rp 2000 saja untuk parkir, sudah dapat menikmati seharian penuh menimati pemandangan Setu Babakan.

Tempatnya yang sejuk, membuat siapa saja yang berkunjung ke Setu Babakan menjadi betah untuk berlama-lama di sana. Disediakan juga tempat duduk untuk para pengunjung, yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan. Berbagai macam makanan berjejer sepanjang Setu Babakan. Dengan kisaran harga Rp 5000 sampai Rp 15.000, sudah dapat menikmati berbagai pilihan makanan.

Wahana air juga disediakan bagi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat Setu Babakan. Hanya membayar Rp 5000 untuk satu orangnya, sudah sangat memuaskan yang diberikan Setu Babakan ini. “Saya sering berkunjung ke sini, hampir setiap minggu karena tempatnya yang enak,” tutur Putri salah satu pengunjung Setu Babakan.

Setu Babakan terkenal akan kebudayaan Betawinya. Bahkan rumah-rumah warga sekitar Setu Babakan masih rumah adat Betawi. Setu Babakan juga terkenal akan makanan khasnya, yaitu kerak telor. Salah satu ikon dari kebudayaan Betawi yang mulai merambah ke restoran-restoran. Bahkan kerak telor tidak hanya dijumpai di Jakarta, melainkan di Pekan baru, Sumatra Barat.

Saat week and, pengunjung Setu Babakan dimanjankan dengan pagelaran kesenian dari Jakarta. Jangan heran jika berkunjung ke sana, selalu dihampiri oleh pengamen yang bermacam macam. Pengamen begitu menjamur, dari yang kecil sampai yang besar sekalipun. Pengamen silih berganti meminta upah atas lagu yang telah Mereka nyanyikan. [Vivi Muninggarani NRP 0910411059]